Kimia Farmasi


Sebagai salah satu bidang ilmu yang dimiliki oleh STIFI Bhakti Pertiwi, UBI Kimia Farmasi melaksanakan kegiatan pendidikan farmasi dengan pengembangannya yang dilakukan melalui penelitian di bidang Analisis Farmasi, Analisis Mikrobiologi, Kimia Klinik, Analisis dan Keamanan Makanan, dan Kimia Medisinal.


Program Pendidikan/Pengajaran
Matakuliah – matakuliah yang dikembangkan oleh UBI Kimia Farmasi diantaranya mencakup, Analisa Kimia Kualitatif dan Kuantitatif,  Kimia Farmasi Kualitatif dan Kuantitatif, Kimia Medisinal, Analisis Kimia Bahan Makanan dalam hal keamanan pangan dan analisis bahan pangan. Pendidikan dan pengajaran diarahkan kepada perkembangan ilmu dan teknologi serta tuntutan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja.


Program Penelitian
Penelitian – penelitian di bidang Kimia Farmasi yang saat ini sedang dikembangkan baik di program studi S1 maupun D3 Farmasi, diantaranya adalah :

  1. Evaluasi terhadap penggunaan bahan kimia terlarang untuk produk pangan sebagai bahan tambahan makanan, dengan melakukan identifikasi keberadaannya pada produk pangan secara kualitatif.
  2. Evaluasi kadar penggunaan bahan tambahan makanan yang diizinkan, dengan analisa kuantitatif.
  3. Analisa dan penentuan kadar zat aktif pada sediaan farmasi.
  4. Pengujian aktivitas antioksidan pada ekstrak maupun fraksi bahan alam.
  5. Validasi metode analisis sediaan farmasi, produk makanan, zat aktif atau nutrisi serta analisis kontaminan, diikuti dengan pengembangannya.
  6. Pengujian mutu berbagai produk farmasi dan makanan.

Program Pengabdian Masyarakat
Melakukan penyuluhan mengenai bahan kimia terlarang untuk produk pangan, pola sehat konsumsi produk pangan.