Sejarah


Latar Belakang Pendirian

Sejak Desember 2000, pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Bhakti Pertiwi Palembang mulai direncanakan oleh Drs. Noprizon, M.Kes, Apt dan Dra. Budi Untari, M.Si, Apt. Semua bermula juga atas dorongan teman sejawat keduanya sesama apoteker yang berasal dari dua institusi besar di Bandung, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Jenderal Ahmad Yani (UNJANI) Bandung. 

Latar belakang cagar alam berpotensi obat di Sumatera Selatan, yang bahkan mulai hampir punah pemanfaatannya, serta kota Palembang sendiri yang terus berkembang sebagai pusat perdagangan dan industri, sudah selayaknya memiliki keseriusan menciptakan tangan terampil dan terdidik di dunia farmasi, melalui pendidikan tinggi farmasi. Bukan itu saja, ketidakhadiran insitusi pendidikan farmasi di Sumatera Selatan, terutama di Kota Palembang, ikut menyulitkan penyediaan sumber daya manusia di bidang farmasi di beberapa lapangan pekerjaan farmasi, misanya di pemerintahan (Dinas Kesehatan Propinsi dan Kota, Gudang Farmasi, Balai POM, Rumah Sakit, Puskesmas, Pabrik Obat Moderen dan Tradisional, Balai Penelitian, BUMN, Perguruan Tinggi, Apotek dan Distributor Obat.

Proses Pendirian

Penggagas STIFI Bhakti Pertiwi, menjalani beberapa tahap proses memperoleh izin sesuai peraturan pendirian sebuah institusi pendidikan yang berlaku, bermula dari rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi, Departemen Kesehatan RI maka dikeluarkan Surat Keputusan MENDIKNAS No.139/D/O/2002, tanggal 8 Juli 2002 tentang pendirian   Sekolah   Tinggi    Ilmu  Farmasi  Bhakti Pertiwi  di  bawah  naungan Yayasan Notari Bhakti Pertiwi dengan program studi Sarjana Farmasi/ apoteker dan Ahlimadya Farmasi ( D III ).Yang selanjutnya, tanggal 8 Juli 2002 menjadi tanggal pendirian STIFI Bhakti Pertiwi Palembang. Dilaksanakanlah penerimaan mahasiswa baru, segera setelah izin diperoleh, yaitu sebagai angkatan pertama tahun ajaran 2002/ 2003, dengan jumlah mahasiswa 50 orang. 

Peningkatan Kualitas

Untuk menjadikan perguruan tinggi ini berkualitas seperti halnya perguruan tinggi lain yang telah lebih dahulu berdiri, pada tangga 23 Juli 2003 dilakukan kerjasama antara Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Bhakti Pertiwi dengan Jurusan Farmasi FMIPA Universitas Andalas Padang yang terakreditasi A**** ( A Plus empat ), yang sekarang telah berubah menjadi Fakultas Farmasi. Pada proses pembelajaran, dosen tetap, dibantu oleh dosen luar biasa dari Fakultas Farmasi Universitas Andalas Padang dengan pendidikan S1, S2, S3 dan Guru Besar (Profesor).

Tahun ajaran 2005, pemerintah dalam hal ini Dirjen Dikti melalui Kopertis Wilayah II memberi bantuan sumber daya manusia, berupa 6 orang tenaga pengajar sebagai dosen PNS yang diperbantukan sebagai dosen tetap di institusi pendidikan yang diselenggarakan oleh swasta. Kerjasama dengan farmasi UNAND, tidak membuat STIFI Bhakti Pertiwi melupakan upaya mempersiapkan kualitas sumber daya pengajar sendiri yang baik, sebagai tenaga pengajar tetap, karenanya STIFI Bhakti Pertiwi juga merekrut dosen tetap berpendidikan S1 juga S2. Peningkatan pengetahuan dan kualifikasi dosen tetap STIFI Bhakti Pertiwi dilaksanakan dengan mendorong para dosen tetap yang berpendidikan S1 untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi di berbagai universitas terkemuka, yaitu Institut Teknologi Bandung, Universitas Andalas dan Universitas Sriwijaya. Hingga pada saat ini mereka telah selesai menjalankan proses pembelajaran dengan baik, dan kembali bertugas di STIFI Bhakti Pertiwi Palembang.

Proses Akreditasi
Tahun 2008 -- Program Diploma III Farmasi mendapat sertifikat Terakreditasi oleh Pusdiknakes Depkes RI No. HK.00.04.4.3.2.02168, 25  Nopember 2008. 
Tahun 2010 -- Program Sarjana Farmasi (S-1 Farmasi) mendapatkan  status  Terakreditasi, SK BAN PT No. 004/BAN-PT/ Ak-XIII/V/2010, 27 Mei 2010.
Tidak berhenti hingga prestasi itu, saat ini pun DIII Farmasi STIFI Bhakti Pertiwi sedang mengurus proses penilaian akreditasi sebagai institusi Program Diploma di BAN PT Dirjen Dikti.   


Pergantian Ketua, dari masa ke masa

Tahun 2002 – 2005         : Dra. Hj. Halimah Madian, Apt
Tahun 2006 – 2008         : Prof. Dr. rer.nat. H. Adek Zamrud Adnan, MS, Apt
Tahun 2008 – 2012         : Prof. Dr. rer.nat. H. Adek Zamrud Adnan, MS,